Mylittlesecretllc – Kunyit sebenarnya adalah nama dari satu marga atau kelompok spesies rempah-rempah. Jenis tanaman yang paling populer dalam genus kunyit adalah kunyit (Curcuma longa) dan jahe (Curcuma xanthorrhiza Roxb). Keduanya mengandung senyawa sehat yang dikenal sebagai kurkumin. Kurkumin ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, mulai dari melindungi lambung dari kerusakan, mencegah peradangan, hingga menurunkan kolesterol.

Manfaat mengkonsumsi kunyit yang mengandung kurkumin. Baik jahe dan kunyit dikemas dengan manfaat kesehatan berkat kandungan kurkuminnya. Berikut manfaat mengkonsumsi kurkumin yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat kunyit memang baik untuk lambung. Kunyit bisa membantu melindungi harga dr laser

1. Lindungi perut

Temulawak mengandung antioksidan seperti flavonoid, fenol, dan kurkumin yang dapat melindungi lambung dari kerusakan. Flavonoid dapat membantu mengurangi pelepasan asam dan pepsinogen di perut. Sementara itu, kurkumin dapat mencegah terjadinya proses inflamasi atau peradangan di lambung. Perpaduan kedua komponen ini membuat bumbu dapur ini dinilai berpotensi mencegah kerusakan selaput lendir (permukaan lunak) lambung.

2. Menurunkan kolesterol

Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan laboratorium, diketahui bahwa mengonsumsi kapsul yang mengandung kunyit selama empat minggu dapat menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan lemak.

3. Mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan pada tubuh

Proses peradangan atau disebut juga peradangan, sebenarnya adalah mekanisme alami tubuh untuk melawan bakteri, virus, jamur, dan komponen lain yang dapat memicu penyakit di dalam tubuh. Itu sebabnya, saat terjadi infeksi, kita biasanya mengalami demam. Demam ini adalah hasil dari “pertarungan” sistem kekebalan tubuh melawan patogen penyebab penyakit. Dalam jangka pendek, mekanisme inflamasi ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, jika peradangan terus berlanjut, ini tidak hanya akan membunuh patogen tetapi juga sel-sel sehat di dalam tubuh.

Ketika peradangan berkepanjangan, berbagai penyakit seperti kanker, jantung, sindrom metabolik, dan Alzheimer bisa dialami. Kurkumin memiliki sifat anti inflamasi yang kuat sehingga dapat mencegah peradangan kronis dan berkepanjangan.

4. Menyediakan pasokan antioksidan yang melimpah

Antioksidan berpotensi mencegah paparan radikal bebas berlebih yang dapat memicu stres oksidatif. Stres oksidatif adalah penyebab dari banyak masalah kesehatan dan penuaan dini. Antioksidan bisa didapatkan dari berbagai sumber alami, seperti buah-buahan, sayur mayur dan rempah-rempah. Kurkumin merupakan komponen yang memiliki sifat antioksidan tinggi.

5. Mengurangi resiko penyakit jantung

Salah satu penyebab utama penyakit jantung adalah kerusakan dinding pembuluh darah. Kondisi tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi kurkumin karena komponen herbal ini dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah jantung. Selain itu, sifat antioksidan dan antiradang kurkumin juga berperan dalam mencegah penyakit jantung.

6. Mencegah Kanker

Kurkumin dianggap membantu mencegah kanker dan juga mencegah kanker yang sudah terbentuk berkembang menjadi kondisi yang lebih serius. Tanaman ini dianggap dapat membantu membunuh sel kanker, mencegah pembentukan pembuluh darah baru pada tumor (yang mengandung sel kanker dalam bentuk ganas), dan mengurangi risiko metastasis atau penyebaran sel kanker ke organ lain di luar lokasi kanker. penampilan awal mereka. Hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa kurkumin dapat digunakan sebagai obat utama kanker. Oleh karena itu, masih diperlukan bukti lebih lanjut.

7. Mencegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer, dengan demensia sebagai gejala utamanya, merupakan kondisi yang tidak dapat disembuhkan. Karenanya, pencegahan adalah satu-satunya cara untuk menghindari kerusakan otak ini. Penyakit ini dapat disebabkan oleh peradangan tingkat tinggi dan stres oksidatif. Oleh karena itu, konsumsi kurkumin yang memiliki kemampuan untuk melawan kedua mekanisme tersebut diduga dapat mencegah Alzheimer.

Perlu diingat bahwa meskipun kunyit dan jahe dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, Anda tidak boleh menggunakannya sebagai pengobatan utama untuk menangani penyakit kecuali Anda telah berkonsultasi dengan dokter.

Penyiapan kunyit dan jahe sebagai pengobatan pelengkap bisa dilakukan, meski dengan anjuran dokter.