Pengertian Makalah

Makalah adalah artikel resmi dengan topik yang disusun untuk dibaca oleh pengadilan atau di depan umum. Makalah adalah karya tulis atau siswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Menurut para ahli, Makalah memiliki banyak definisi. W.J.S Poerwadarminta mengartikan makalah sebagai uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu yang diangkat untuk dibahas lebih lanjut. Definisi Makalah menurut Makalah KBBI diartikan dalam dua cara.

Pertama, Makalah, adalah tulisan resmi tentang suatu subjek yang dimaksudkan untuk dibacakan di depan umum selama uji coba dan sering disusun untuk publikasi.

Properti kertas

  • Isi menggambarkan seberapa banyak siswa memahami suatu masalah
  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa formal dan menurut Enhanced Spelling (EYD)
  • Makalah biasanya dipresentasikan selama seminar, sesi atau diskusi.
  • Bagian terpenting yang harus muncul dalam makalah adalah pendahuluan, isi dan kesimpulan.
  • Berisi kombinasi beberapa referensi yang disaring sesuai dengan topik bahasanya.
  • Berisi tinjauan pustaka atau kegiatan di lapangan sesuai dengan topik mata kuliah atau mata kuliah tertentu
  • Dapat menggambarkan kemampuan pembicara untuk menggabungkan berbagai teori dan informasi menjadi satu kesatuan yang utuh.
  • Sebuah kertas harus memiliki sistem paten.

Susunan Kerangka Makalah

1. Halaman Depan

Halaman depan atau halaman depan makalah berisi judul makalah dan nama penulis, logo lembaga / lembaga, tempat dan tahun terbit atau tahun studi. Dalam penulisan nama penulis tertulis dengan jelas, nama asli dan nama lengkap tanpa disingkat dan tanpa menyebutkan judul serta menggunakan huruf kapital. Seperti yang dilansir di https://sudutpintar.com/

2. Daftar Isi

Daftar isi berisi informasi tentang daftar isi makalah soal. Tujuannya agar setiap bab dan sub-bab dalam makalah memiliki halaman yang dijelaskan agar memudahkan pembaca menemukan bahan bacaan. Daftar isi juga berisi daftar foto, daftar tabel, daftar lampiran (jika ada). Saat menyusun daftar isi, biasanya Anda perlu mengedit tajuknya terlebih dahulu agar nanti bisa otomatis saat membuat daftar isi. Office Word juga ada dan dapat menggunakan menu referensi dan daftar isi. Dengan ini, dapat menjadi kertas yang bagus dan mungkin contoh kertas yang benar.

3. Kata Pengantar

Isi kata pengantar memuat isi intisari penuh makalah soal. Atau kata pengantar dapat diartikan sedemikian rupa sehingga membahas isi makalah secara menyeluruh tetapi secara umum. Ini harus dilakukan agar pembaca sekilas atau arahan dari tulisan di koran.

4. Pendahuluan

Pendahuluan adalah pembahasan pertama dari topik penelitian atau observasi dalam makalah yang disusun oleh dan dari sudut pandang penulis. Pendahuluan tidak ditulis secara luas, tetapi cukup dari luar, asalkan mencakup esensi makalah secara umum. Pendahuluan juga dapat menjelaskan pokok-pokok masalah awal.

5. Latar Belakang

Untuk lebih jelasnya latar belakang akan dibahas kembali disini. Latar belakangnya adalah menjelaskan masalah-masalah yang ditemukan secara umum, dan mengapa masalah-masalah tersebut harus diteliti dan kemudian dianalisis dalam sebuah makalah.

6. Rumusan masalah

Untuk rumusan masalah, isinya merupakan subjek dari masalah yang ditemukannya. Biasanya rumusan masalah sangat pendek dan ringkas, tidak lebih dari satu paragraf disertai tanda tanya. Biasanya ada 2 sampai 3 pertanyaan. Untuk menjadi contoh makalah yang baik harus sesuai dengan rumusan masalah, isi dan kesimpulan.

7. Tujuan diskusi

Sub-bab masih dalam bab pendahuluan dan dapat digunakan sebagai contoh. Makalah yang baik dan benar, tujuan dari pembahasan ini adalah dalam rangka menjawab rumusan masalah. Misalnya apa saja yang menjadi masalah dalam penulisan kata, maka konten ditujukan untuk mengetahui jenis-jenis penulisan kata tersebut.

8. Daftar Isi

Bab 2 hanya berisi beberapa sub-bab yang berisi pembahasan. Dalam hal ini menggambarkan masalah, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian dilakukan, tujuan penelitian dan pengaruh data yang diperoleh dari lapangan. Agar makalah yang baik dan benar pada bab ini adalah penulisan yang benar dengan spasi atau paragraf.

9. Penutupan bab

Dalam hal ini terdapat sub bab berupa kesimpulan dan proposal. Untuk menjadi contoh makalah yang benar, bab ini membahas tentang ekspektasi penulis terhadap pembaca. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberi manfaat bagi pembaca.

10. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan gambaran hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian tersebut. Dengan kata lain, jawaban atas rumusan masalah. Hasil penelitian diperoleh dari analisis terhadap rumusan masalah yang ditemukan, kemudian dianalisis dengan menggunakan kesimpulan.

11. Daftar Warisan

Halaman terakhir adalah daftar pusaka. Harus ada halaman tambahan jika Anda menggunakan lampiran (jika ada).