Mylittlesecretllc –┬áSeri Snapdragon 600 biasa dikenal sebagai chipset yang mampu menjalankan berbagai macam tugas. Ponsel dengan chipset ini umumnya berkinerja baik tetapi lebih murah. Contohnya tertanam di deretan ponsel dengan Snapdragon 660.

Snapdragon 660 sendiri memiliki penerus bernama Snapdragon 665. Snapdragon 665 dihadirkan oleh Qualcomm sebagai versi yang lebih murah dari Snapdragon 660. Oleh karena itu, Snapdragon 665 secara keseluruhan memiliki performa yang baik namun dengan daya tahan baterai yang murah.

Snapdragon 665 memiliki prosesor octa-core. Prosesornya terdiri dari empat core 2 GHz Kryo 260 Gold untuk performa dan empat core 1.8 GHz Kryo 260 Silver. Walaupun GPU di chipset ini adalah Adreno 610, berapa budget ponsel dengan Snapdragon 665? Simak berita teknologi terbaru di bawah ini.

1. Realme 5i

Jika Anda membutuhkan ponsel anggaran dengan Snapdragon 665, Realme 6i adalah jawabannya. Ponsel ini hadir dengan baterai 5000mAh dan merupakan salah satu ponsel dengan masa pakai baterai terlama. Keuntungan yang menarik tentu saja selain pengoperasian ponsel yang stabil.

Namun, Realme 5i memang memiliki beberapa kekurangan seperti kamera depan yang kurang optimal, desain plastik yang tidak menarik, dan stok terbatas yang tersedia di toko online. Sebab, harga ponsel ini stabil di angka Rp 2 jutaan.

Dengan tag ini, Realme 5i memiliki pro dan kontra. Untuk informasi lebih lanjut, lihat artikel Pro & Kontra Realm 5i.

2. Realme 5

Sebelum Realm 5i keluar, Realm Indonesia memperkenalkan Realm 5. Ponsel ini memiliki fitur yang lebih baik dari Realm 5i. Salah satu contohnya adalah kamera depan yang menawarkan 13MP. Apalagi desain ponsel ini lebih menarik meski sama-sama terbuat dari plastik.

Tentunya karena menggunakan chipset yang sama, maka Realme 5 juga memiliki daya tahan baterai yang sangat lama, mirip dengan Realme 5i. Apalagi layar ponsel ini juga dinilai meski hanya HD. Jangan lupakan kombinasi empat ponsel kamera yang lumayan keren di kisaran harganya.

Sayangnya, Kingdom 5 menjadi semakin langka. Sebelumnya, Realme 5 memiliki beberapa varian seperti versi 3GB dan RAM 32GB. Ada lebih banyak Realme 5 di pasaran saat ini dengan varian RAM 3GB 64GB atau 128GB RAM 4GB. Harga satu ponsel berkisar Rp 2 jutaan.

3. Redmi Note 8

Jika Anda membutuhkan ponsel Snapdragon 665 yang memiliki performa bagus, desain kaca yang bagus, dan kamera yang bagus, Redmi Note 8 adalah jawabannya. RAM 64GB atau 6GB 64GB.

Nyatanya, Redmi Note 8 lebih baik dari penggantinya, Redmi Note 9 yang juga dibanderol dengan kisaran harga yang sama. Termasuk di bagian kamera. Foto yang diambil dengan kamera utama beresolusi 48MP, 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera matriks 2MP cukup bagus. Padahal, kualitas kamera depannya juga kurang bagus karena hanya beresolusi 13 MP.

4. Realme 5s

Ponsel Snapdragon 665 lainnya dari Realme adalah Realme 5s. Ponsel ini masih mirip dengan Realm 5i dan Realm 5 yang keduanya menawarkan Snapdragon 665. Hanya saja harga Realm 5s berada di kisaran Rp 2,4 jutaan.

Perbedaan harga tersebut disebabkan realme 5s memiliki kamera utama 48MP. Sedangkan sektor lain seperti layar, baterai, dan kamera depan mirip dengan Realme 5.

Dibekali RAM 4GB, realme 5s ini punya beberapa kemampuan multitasking yang cukup memuaskan. Selain itu, jika Anda mengingat ukuran memori internal 128 GB, ini cukup besar menurut standar HP yang ditemukan di kisaran harga entry-level.

5. OPPO A5 2020

OPPO A5 2020 menawarkan Snapdragon 665 dengan dukungan RAM 3 dan 4 GB serta penyimpanan internal 64 dan 128 GB. Smartphone memang layak dibeli karena harganya masih berkisar Rp 2,4 jutaan. Lebih lanjut, ponsel ini memiliki spesifikasi yang mirip dengan OPPO A9 2020 yang harganya lebih mahal.

OPPO A5 2020 memiliki keunggulan dalam industri kamera dalam kisaran harganya. Ponsel ini menggunakan lensa sensor kedalaman 12MP, 8MP, 2MP dan 2MP. Kelebihan lainnya adalah baterai 5000mAh. Sayangnya ponsel ini memiliki kekurangan dengan layar yang masih HD + saja dan belum mendukung teknologi fast charging.